Thursday

Tempat Wisata di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat

Halo sobat spot wisata..
Buat sobat spot wisata yang suka berpetualang menjelajahi beragam tempat wisata tentu tidak ingin melewatkan salah satu kota yang cukup terkenal di Jawa Barat yaitu kota Purwakarta yang mana memiliki sederet tempat wisata yang tak kalah seru dan menarik untuk dikunjungi.

Sebelum kita membahas mengenai tempat wisatanya, alangkah baiknya kita bahas sedikit dulu ya sob tentang Purwakarta.

Purwakarta adalah sebuah kabupaten yang masuk wilayah propinsi Jawa Barat sob yang letaknya juga tidak terlalu jauh dari Ibukota Jakarta, ya..,sekitar kurang lebih 80 km sob.

Purwakarta juga dikenal sebagai tempat kelahiran beberapa negarawan dan pemimpin besar asal Jawa Barat di masa awal pendirian Republik Indonesia. Salah satunya yaitu pahlawan Koesoemah Atmadja yang lahir di Purwakarta, tatar Pasundan. Beliau merupakan Pahlawan dan ketua Mahkamah Agung pertama di Indonesia. Keberadaan Purwakarta juga tidak terlepas dari perjuangan melawan pasukan VOC loh sob.

Sobat spot wisata juga harus tahu nih apa makna dari Purwakarta itu sendiri. Purwakarta berasal dari suku kata "Purwa" yang artinya Permulaan, dan "Karta" yang artinya Ramai atau Hidup. Jadi bisa diartikan bahwa Purwakarta merupakan salah satu wilayah yang ramai dan hidup sob. Begitu juga pada objek-objek wisatanya yang semakin dikenal.

Nah, untuk tempat wisatanya bisa sobat simak beberapa daftar tempat wisata di kabupaten Purwakarta berikut ini;

Taman Sri Baduga

Tempat wisata di Purwakarta Jawa Barat

Taman Sri Baduga yang sudah menjadi ikon kota Purwakarta ini adalah sebuah taman air mancur yang berada di pusat kota Purwakarta yang mana merupakan taman umum yang juga menampilkan pertunjukan air mancur menari dengan lampu laser disertai musik sob. Pertunjukan tersebut disuguhkan setiap pekannya, jadi kalau mau berkunjung ke taman sri baduga harus di akhir pekan ya sob supaya bisa menikmati indahnya air mancur dengan warna warni lampunya yang keren. Selain bisa melihat pertunjukan air mancur, sobat spot wisata juga bisa mencicipi berbagai macam sajian kuliner khas yang dijajakan di sekitar taman tersebut sob. Untuk lokasinya berada di Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Danau Tegalaja

Tempat wisata di Purwakarta Jawa Barat

Buat sobat spot wisata yang punya hobi memancing, tempat ini sangat cocok buat yang ingin menyalurkan hobinya. Danau tegalaja sudah terkenal sebagai objek wisata mancing selain danau lainnya yang ada di daerah Purwakarta. Di danau tegalaja terdapat berbagai macam ikan air tawar yang bisa dipancing. Disana juga disediakan banyak rakit yang terbuat dari bambu yang berjajar di sepanjang pinggiran danau yang mana disewakan khusus untuk pemancing. Selain di rakit, sobat spot wisata juga bisa menyewa perahu kecil yang biasanya juga disewakan bagi yang ingin memancing menggunakan perahu.
Ulasan lengkapnya silahkan baca: Wisata Mancing di Danau Tegalaja Jatiluhur Purwakarta

Giri Tirta Kahuripan

Tempat wisata di Purwakarta Jawa Barat

Buat sobat spot wisata yang ingin berenang dan bermain air bersama keluarga, maka tempat ini juga cocok dijadikan destinasi wisata saat di Purwakarta loh. Giri Tirta Kahuripan berada di daerah dataran tinggi tepatnya di Jl. Raya Wanayasa, Tarunggul Tonggoh, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Konsepnya sangat menarik sob karena tempat wisata ini berada di ketinggian ±500 mdpl, jadi selain bisa bermain air juga bisa sambil menikmati pemandangan alam serta menikmati sajian kuliner yang disajikan di lokasi tersebut.

Goa Jepang & Belanda

Tempat wisata di Purwakarta Jawa Barat

Bagi sobat spot wisata yang suka dengan wisata sejarah dan ingin mengenal sejarah masa lampau maka jangan lupa mampir kesini, karena goa jepang & goa belanda yang berada di desa Pusakamulya Kiarapedes, kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ini menyimpan banyak sejarah yang bisa menambah pengetahuan tentang sejarah yang ada di Indonesia sob. Tempat wisata ini juga merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Indonesia loh sob, dan merupakan destinasi wisata yang tidak jarang pengunjungnya.

Waduk Cirata

Tempat wisata di Purwakarta Jawa Barat

Waduk Cirata ini sebenarnya adalah tempat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang mana merupakan PLTA terbesar se asia-tenggara loh sob. Selain sebagai tempat pembangkit listrik, lokasi ini juga dijadikan sebagai objek wisata karena menyajikan pemandangan sangat indah yang dilengkapi dengan pemandangan tebing, danau, hutan, dan dataran tinggi. Buat sobat spot wisata yang ingin mengabadikan moment bersama, mungkin tempat ini cocok banget sob. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas ikan bakar di sederet warung lesehan yang ada disana. Di waduk cirata ini sobat spot wisata juga bisa melakukan kegiatan liburan lainnya loh yaitu memancing.

Air Terjun Suhada

Tempat wisata di Purwakarta Jawa Barat

Kurang lengkap ya sob kalau berwisata tanpa mengunjungi objek wisata air terjun. Nah, kalau sobat spot wisata ingin mengunjungi objek air terjun, silahkan berkunjung ke Curug Suhada ya sob. Curug Suhada menyajikan pemandangan alam air terjun dan hutan belantara. Disini pengunjung bisa bermain air dan mandi dengan kucuran air terjunnya yang tidak begitu tinggi dan tidak berbahaya. Buat sobat spot wisata yang ingin berlibur kesana silahkan menuju ke alamat Kampung Tajur, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

Selain air terjun diatas, terdapat juga air terjun lainnya sob seperti dibawah ini:

Curug Cipurut

Tempat wisata di Purwakarta Jawa Barat
Lokasi: desa Babakan, Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat.

Curug Tilu Sukasari

Tempat wisata di Purwakarta Jawa Barat
Lokasi: desa Ciririp, Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Curug Ciseoh

Lokasi: desa Cihanjawar, kecamatan Bojong, kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Curug Pamoyanan Indah

Tempat wisata di Purwakarta Jawa Barat
Lokasi: desa Pusakamulya, Kiarapedes, kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Waduk Jatiluhur

Tempat wisata di Purwakarta Jawa Barat

Sobat spot wisata harus tau nih selain waduk cirata, waduk jatiluhur juga berfungsi sebagai PLTA. Namun selain sebagai PLTA, disana juga tersedia banyak fasilitas rekreasi loh sob, diantaranya yaitu; restoran, bar, penginapan seperti hotel dan bungalow, kolam renang dengan water slide, perkemahan, playground, dan lainnya.
Disana juga terdapat sarana olahraga air seperti selancar angin, mendayung, ski air, boating, dan lainnya. Selain fasilitas diatas, sobat spot wisata juga bisa menikmati wisata kuliner ikan yang banyak disajikan setiap warung-warung atau restoran.
Yang menjadi daya tarik tersendiri yaitu, di sekitar perairan waduk Jatiluhur ini terdapat banyak kolam terapung yang membudidayakan berbagai macam ikan air tawar, jadi kalau pulang jangan lupa bawa oleh-oleh ikan mas atau ikan nila ya sob, karena pasti harganya lebih murah sob, hehe..

Pemandian Air Panas Ciracas

Tempat wisata di Purwakarta Jawa Barat

Nah, kalau sobat spot wisata sudah merasa  capek berkeliling ke semua tempat wisata yang disebutkan diatas, jangan lupa mampir juga ke objek wisata sumber air panas ciracas ya sob. Dijamin setelah mandi disana semua capeknya pasti hilang karena air yang dihasilkan di sumber air tersebut benar benar alami sob yang mana di percaya mampu memberikan kesegaran jasmani serta dapat menyembuhkan segala penyakit kulit dan reumatik. Selain berendam, sobat spot wisata juga bisa menikmati pemandangan alam asri sambil menyantap kuliner khas Purwakarta yaitu sate maranggi yang lembut dan lezat. Untuk lokasinya berada di desa Ciracas, Kiarapedes, kabupaten Purwakarta.

Nah,itulah sederetan tempat wisata yang ada di Kabupaten Purwakarta yang patut dicoba sob. Jika sobat spot wisata merasa ada info yang masih kurang mengenai tempat wisata yang sudah disebutkan diatas, silahkan tulis di kolom komentar ya sob.

Jangan lupa di share ke teman, saudara, atau komunitas sobat, siapa tau bermanfaat buat lainnya juga, karena berbagi itu indah sob, hehe..
Maturnuwun..

Postingan Terkait

Maaf untuk komentar disertai link hidup sengaja saya hapus dan tidak ditampilkan, harap dimaklumi.