Friday

14 Tempat Wisata Pantai di Jawa Tengah - Jika membahas soal tempat wisata tentu identik dengan yang namanya pantai, karena memang pantai sangat cocok untuk dijadikan tujuan saat berlibur bersama keluarga maupun kerabat, selain menyajikan keindahan pemandangan juga memberikan kesejukan dan kenyamanan saat liburan.

Banyak pantai-pantai yang tersebar di wilayah Jawa Tengah, namun tidak semuanya mampu memanjakan pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan dan merasakan kesejukannya. Bagi wisatawan tentu ingin mengunjungi sebuah pantai yang dianggap sebagai tujuan menarik dan menyenangkan untuk mengisi liburan.

Nah, mungkin daftar nama pantai yang saya ulas disini merupakan pantai yang cocok untuk mengisi liburan anda ketika di Jawa Tengah.

1. Pantai Ayah di Kebumen Jawa Tengah

Pantai Ayah atau yang juga disebut Pantai Logending ini menjadi salah satu obyek wisata andalan dan kebanggaan masyarakat Kebumen. Pantai Ayah memiliki keindahan yang tak kalah menarik dengan pantai-pantai lainnya di Jawa Tengah, terletak di Kecamatan Ayah dan berjarak sekitar 53 km dari kota Kebumen.

Pantai Ayah di Kebumen Jawa Tengah

Pantai Ayah selalu ramai dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar kota Kebumen, apalagi disaat liburan bisa dipastikan akan dipadati wisatawan yang datang. Selain menyajikan keindahan dan kesejukan, pengunjung juga bisa menyewa perahu berkeliling pantai.

2. Pantai Pasir Kencana di Pekalongan Jawa Tengah

Pantai Pasir Kencana merupakan obyek wisata utama yang dimiliki pemerintah kota Pekalongan, pantai ini letaknya juga berdekatan dengan Pelabuhan Perikanan Nusantara. Disana terdapat jembatan yang unik dan cantik serta memiliki air laut yang biru dan jernih, terasa sejuk dan segar untuk dipandang.

Pantai Pasir Kencana di Pekalongan Jawa Tengah

Pantai Pasir Kencana memiliki banyak fasilitas bermain seperti kebun binatang mini, taman bermain, trampolin, arung jeram anak-anak, mainan untuk anak, perahu, bebek air, sepeda air, dan masih ada lainnya.
Bagi pengunjung tak perlu khawatir jika sedang lapar, karena di sekitar pantai juga terdapat warung makan dengan sajiannya yang khas.
Jika hendak meninggalkan Pantai Pasir Kencana, jangan ragu untuk membawa oleh-oleh ikan segar dengan harga murah karena pantainya berdekatan dengan tempat pelelangan ikan.

3. Pantai Randusanga di Brebes Jawa Tengah

Tempat wisata pantai yang cocok untuk liburan berikutnya yaitu Pantai Randusanga yang terletak di Desa Randusanga Kulon berjarak sekitar 12 km dari kota Brebes dan 7 km dari kawasan jalan raya pantura. Pantai ini termasuk salah satu pantai yang indah di Jawa Tengah dan juga terus dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Brebes.

Pantai Randusanga di Brebes Jawa Tengah

Pantai Randusanga juga tak kalah ramainya dengan pantai lain, ketika libur panjang pantai ini juga banyak dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar kota. Para remaja juga sering menghabiskan waktu libur akhir pekannya di pantai ini.
Jika anda ingin mengisi liburan di Kota Brebes, tak ada salahnya berkunjung ke Pantai Randusanga sambil menikmati makanan khas Brebes yaitu telor asin.

4. Pantai Karangbolong di Kebumen Jawa Tengah

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki ciri khas unik dan menarik yaitu terdapat sebuah karang besar yang terlihat bolong atau berlubang seperti goa. Memiliki kontur yang landai dan berpasir cukup luas dengan dibatasi oleh perbukitan yang disusun oleh batuan sedimen klastik.

Pantai Karangbolong di Kebumen Jawa Tengah

Pantai Karangbolong letaknya berada di Kecamatan Buayan, berjarak sekitar 40 km sebelah barat dari kota Kebumen. Pantai ini juga selalu ramai pengunjung ketika libur akhir pekan atau libur panjang. Wisatawan yang datang tidak hanya dari wilayah Kebumen saja tapi dari luar kota juga.

5. Pantai Jetis di Cilacap Jawa Tengah

Salah satu pantai yang cukup terkenal di Cilacap yaitu Pantai Jetis yang terletak di Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap. Pantai ini juga menawarkan keindahan yang juga tidak kalah dengan pantai lainnya. Dengan memiliki keindahan yang pantas untuk dinikmati maka tak ada salahnya dijadikan alternatif liburan di Cilacap.

Pantai Jetis di Cilacap Jawa Tengah

Pantai Jetis lokasinya juga tidak jauh dengan Pantai Ayah yang ada di Kebumen, jadi apabila sedang berkunjung kesana bisa menyempatkan diri untuk mampir ke Pantai Jetis untuk menikmati suasana yang berbeda.

6. Pantai Kartini di Rembang Jawa Tengah

Sebagian dari anda pasti sudah akrab dengan yang namanya Pantai Kartini, namun bagi anda yang belum mengetahuinya pasti bertanya-tanya kenapa pantai Kartini sekarang berubah nama.
Memang dahulu salah satu pantai terkenal di Rembang ini bernama Pantai Kartini, namun sudah berganti nama menjadi "Dampo Awang Beach". Penggantian nama ini dilakukan untuk membedakan dengan Pantai Kartini yang ada di Jepara.

Pantai Kartini di Rembang Jawa Tengah

Salah satu daya tarik yang memikat wisatawan untuk datang yaitu sebuah jangkar raksasa yang dikenal oleh masyarakat sebagai Jangkar Dampo Awang yang memiliki riwayat pada jaman dahulu. Selain itu di Dampo Awang Beach dilengkapi berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung diantaranya yaitu Anjungan, Taman Bermain Anak, Permainan Air, Perahu Wisata, Kolam Renang, Kolam Buaya, Panggung Hiburan, Pantai Pasir Putih, dan Kios bermacam-macam cinderamata.
Pantai Dampo Awang ini sangat cocok untuk mengisi liburan bersama keluarga disaat libur akhir pekan atau libur panjang.

7. Pantai Pungkruk di Jepara Jawa Tengah


Pantai pungkruk menjadi salah satu pantai di Jawa Tengah yang semakin dikenal sebagai pantai yang memiliki keindahan alam yang mempesona. Di pantai ini pengunjung juga dapat menikmati berbagai kuliner yang disajikan di sejumlah rumah makan yang tertata rapi, selain itu pengunjung juga bisa menikmati bermacam wahana air yang telah disediakan.
Pantai yang terletak di daerah Mororejo, kecamatan Mlonggo, kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini menyediakan berbagai fasilitas seperti gazebo diatas air, rumah makan seafood yang menyediakan sajian khas Jepara yaitu pindang serani dan lainnya, wahana bermain, area mangrove, spot berfoto ria, dan juga spot mancing.

Postingan Terkait