Thursday

Masjid Sultan Suriansyah Banjarmasin Kalimantan Selatan

Masjid Sultan Suriansyah Banjarmasin telah dinobatkan sebagai masjid tertua di Kalimantan Selatan dan memiliki sejarah yang menarik untuk dikenal. Masjid tersebut juga menjadi salah satu obyek wisata religi bersejarah yang sering dijadikan tujuan wisatawan untuk mengenal lebih dalam tentang adanya masjid tertua yang pernah ada di wilayah tersebut termasuk masjid bersejarah lainnya seperti Masjid Besar dan Masjid Basirih. Masjid Sultan Suriansyah atau dikenal juga Masjid Kuin sudah ada sejak jaman dahulu pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah dan tempatnya pun di tepi sungai Kuin berdekatan dengan makam Sultan Suriansyah yang juga menjadi salah satu wisata religi di Kalimantan Selatan.

Masjid Sultan Suriansyah Banjarmasin Kalimantan Selatan
Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah memiliki bentuk bangunan berupa panggung dan atap tumpang, arsitekturnya juga memiliki ciri khas tradisional Banjar yang jika dirasakan sekarang memiliki efek kekunoan yang mana menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Jika berkunjung kesana terasa seperti dikembalikan pada jaman dahulu kala. Masjid Sultan Suriansyah dari pertama dibangun di tahun antara 1526 sampai 1550 hingga kini masih terawat dengan baik dan tidak memiliki banyak perubahan di dalam bentuknya dan masih digunakan untuk kegiatan beribadah oleh warga setempat. Jika berkunjung ke Masjid Sultan Suriansyah yang terkenal tersebut selain bisa mengenal sejarahnya juga bisa menikmati pemandangan sekitar sungai Kuin dan terdapat sebuah dermaga di seberang Masjid yang juga sudah ada sejak dahulu sebagai pintu masuk ke kerajaan dan sekarang masih dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Bagi yang sedang berkunjung ke Banjarmasin bisa menyempatkan diri untuk mengenal lebih dalam tentang Masjid Sultan Suriansyah yang hingga kini masih menjadi salah satu spot wisata bagi kalangan wisatawan.

Demikian sedikit ulasan tentang Masjid Sultan Suriansyah Banjarmasin, semoga bermanfaat dan untuk menuju ke Masjid tersebut silahkan datang ke alamat Jalan Kuin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Postingan Terkait

Maaf untuk komentar disertai link hidup sengaja saya hapus dan tidak ditampilkan, harap dimaklumi.